Kamis, 07 Februari 2013

"Ketika mampu kueja namanya.."

"Ketika mampu kueja namanya.." | Cerpen #HBD22ndBISMASH |
Bismilahirohmanirrohim ..
Tittle : Ketika mampu kueja namanya..
Genre : Sad
Cast : Bisma Karisma dan Nia
Author : Arisa Kanagaki
-Cerpen Motivasi-
-Check This Out-
"Aaa a a aaa... Aaaaa..." teriak seorang gadis kecil dengan menunjuk sebuah layar televisi yang tengah menyuguhi tontonan acara musik. Gadis muda kecil cantik itu terlihat senang dengan apa yang dilihatnya. Sesekali dia menggoyangkan badannya yang terbaring disebuah kasur kecil di ruang keluarga rumahnya. Tak jarang juga tangan kecilnya terus menunjuk-nunjuk kearah layar televisi itu.
"Ada apa sayang? Bagus ya? Iya? Itu namanya SM*SH sayang" bimbing sang bunda yang sedari tadi disampingnya. Sang bunda mengelus rambut anaknya dengan sesekali kecupan hangat. Sang anak terlihat tenang dan kembali melihat acara televisi itu.
"Emm.. mmm.. mmm" bocah kecil bernama Nia ini terus bertingkah polah dengan aktifnya saat melihat orang yang ada di layar televisinya itu menyanyi dan berjingkrak menari. Sang bunda hanya bisa tersenyum melihat perkembangan putrinya ini.
Nia. Gadis kecil berusia 6 tahun ini memang sedang aktif-aktifnya bergerak. Gadis kecil dengan sedikit kekurangan ini selalu terlihat senang saat melihat aksi boyband SM*SH di layar televisinya. Gadis kecil yang hanya bisa berbaring ditempat tidurnya ini memang sedang dalam tahap pengobatan. Menurut dokter yang memeriksanya, Nia terkena semacam syndrome yang membuat tubuhnya lemas dan lumpuh serta membuat indra pengucapannya tidak berfungsi dengan baik. Nia memiliki kesulitan dalam mengucap. Ya sederhananya bisa disebut BISU.
***
Setiap hari, setiap saat, setiap jam menit detik, kegiatan yang dilakukan Nia adalah sama. Kalau tidak menonton televisi mungkin dia lebih suka menggambar saat sang bunda tengah asyik di dapur.
Dan pagi ini benar saja, si kecil Nia terlihat sedang memegang sebuah buku gambar yang berukuran sedang ditangannya. Posisinya yang terbaring ternyata tidak terlihat menyulitkan posisinya.
Dengan cekatan tangan kanannya menggerakkan pensil gambarnya ke kanan ke kiri, seakan menambah goresan-goresan emas pada kertas gambar itu.
Nia yang notabene anak yang cerdas itu juga memiliki kemampuan dalam menggambar. Setiap hasil gambarnya itu selalu bagus dan diacungi 2 jempol bahkan lebih kepada orang yang melihatnya. Dan kali ini, eksekusi terakhir hasil gambarnya yang terlihat ada seorang cowok disana terlihat sedang berpose dengan pose seperti foto model dengan tangan menunjukkan lambang peace disana.
"ngh..." dengan susah payah tangannya menuliskan coretan terakhir di bawah hasil gambarnya itu.
- BISMA KARISMA -
Ya tentulah. Nia sedang menggambar sebuah sketsa Bisma, idolanya, yang sedang pose dengan posisinya yang bergaya dalam foto yang pernah dilihat Nia.
***
Malam ini saat Ayah dan Bundanya sedang menemaninya menonton acara favoritnya, yaitu acara musik tempat SM*SH biasa tampil. Dirinya dengan antusias menunjuk buku gambarnya untuk sang bunda. Bermaksud menunjukkan hasil gambarnya.
"Ngh ngh ngh...." tunjuk Nia kepada buku gambar yang ada tak jauh dari posisinya berbaring. Sang bunda yang paham akan maksud putrinya itu pun langsung meraih buku gambar itu dan membuka halaman terakhirnya. Dilihatnya gambar yang sama sekali tak beda jauh dari gambar-gambar dihalaman awal buku gambar Nia. Gambar Bisma, ya semuanya bergambarkan Bisma.
"Nia memang pinter banget..
Muach, bunda sayang sama Nia" ucap sang bunda seraya menutup buku gambar Nia dan kemudian beralih untuk mengecup pipi putrinya itu. Nia terlihat senang mendengar ucapan sang bunda. Bibir manisnya menyunggingkan senyuman.
***
Keluarga kecil ini tengah belajar berbicara. Sang bunda dengan sabarnya mengajari anak putrinya untuk mengucap. Sementara sang suami tengah memangku Nia, sehingga posisi Nia menjadi duduk dan menghadap kepada sang bunda.
"Mmm.... Ma.... Ma...
Ikuti mama nak" bimbing sang bunda kepada anaknya untuk berbicara.
"Mmmm... mmm.. m mmm maaaa..... Ngh~ mmm...." bocah kecil ini terlihat sangat sulit mengucapkan kata 'Mama'
"Lagi sayang.." support sang bunda.
"mmm... mmmmm a mmmm.... maaa..... ma" eja gadis kecil itu dengan susahnya.
Sang bunda dan sang ayah pun tersenyum melihat perkembangan putrinya itu. Setiap hari mereka bekerja sama untuk membimbing Nia untuk berbicara, namun hasilnya selalu nol, dan kali ini untuk pertama kalinya Nia berhasil mengucap sebuah kata yaitu 'Mama'
***
Nia yang memang sudah terlahir sebagai anak yang cerdas. Meskipun memiliki sebuah kekurangan tapi gadis kecil ini memiliki semangat yang tinggi untuk sembuh dan bisa berbicara layaknya anak-anak normal.
Otaknya yang bisa bekerja lebih cepat dari pada umumnya itu ternyata mampu membuatnya paham akan hal yang akan dibacanya. Meskipun bibirnya belum bisa menjelaskan itu dengan ucapannya tapi dia sudah bisa membaca dengan hatinya.
"ngh~ mmmmb bbb.. mmbbbb bbbbi ... bi bi bbbiii bi bbbii" mulutnya sungguh sangat sulit sekali digerakkan. Matanya terus fokus pada lembar terakhir buku gambarnya yang terdapat nama sang idola disana. Dengan penuh usaha Nia terus mencobanya. Mencoba dan mencoba.
"Bbbb... B..b..bb i bbb bii... isss ss ...
ngh~ bbbb iii ss .. bbbisss sm mmm a ...
Bbb bbis bissss mmm a , BISMA "
Dengan keringat yang bercucuran dari keningnya dan nafasnya yang sedikit tersengal, akhirnya Nia berhasil mengucapkan sebuah kata yang utuh. Dan ini adalah kalimat pertamanya.
Bibirnya tersenyum menandakan kebahagiaan yang dirasakannya.
Tak beberapa lama kemudian sang bunda duduk bersila di depannya. Dan membuat lamunannya buyar.
"Nia sedang apa? Sedang liat gambar kak Bisma ya?" tanya sang bunda dengan nada lembut. Nia mengangguk dengan antusias.
"Coba mama tes ya.. Nia bisa gak eja nama kak Bisma..hayoo" tantang sang bunda. Nia tersenyum. Tak ada raut wajah takut yang tergurat di wajah Nia. Dengan cepat kepala mungilnya itu mengangguk.
Tahapan demi tahapan yang sulit dilewati Nia untuk kembali bisa menyebut nama idolanya. Dan...
"B I S M A"
ucap Nia utuh tanpa sedikitpun keraguan. Sang bunda terlihat sangat bahagia.
"Nia pinter sayang.. Pinter banget" ucap sang bunda seraya memeluk putrinya itu dan mengecup kening putrinya itu. Nia tersenyum.
"Mama.. Papa.." ucap Nia kemudian. Sang bunda sangat tersengang. Perubahan drastis tiba-tiba ditunjukkan oleh Nia. Pengucapan Mama dan Papa pada terakhir tadi sungguh sangat lancar. Dia tak menyangka bahwa anaknya sudah bisa berbicara.
***
Sore ini Ayah dan Bunda Nia membawa Nia kepada dokter syaraf yang menangani penyakit Nia. Keduanya ingin menanyakan mengenai perkembangan yang terjadi pada putrinya.
"Jadi bagaimana dok?" tanya Ayah Nia.
"Wah.. Ini adalah suatu keajaiban pak, bu..
Saya tidak bisa berkata-kata lagi. Saya sangat bangga dengan Nia, dia memiliki semangat yang luar biasa. Nia sudah bisa berbicara normal pak, bu.. Dan untuk kondisi tubuhnya tinggal menjalani penyesuaian saja kemudian Nia bisa hidup normal sehat seperti anak-anak lainnya lagi" tutur pak dokter itu dengan mata berkaca-kaca.
"Benar dok?
Alhamdulilah.. Terima kasih Ya Allah atas keajaiban-Mu" ucap Ayah Nia memanjatkan doa.
Nia yang berada dalam dekapan sang bunda itu terlihat sedang asyik memegang gambar BISMA, sosok idolanya yang selama ini memberinya semangat untuk terus berusaha.
Kedua orang tua Nia pun sangat bahagia. Saking bahagianya kedua orang tua Nia langsung memfasilitasi Nia dengan fasilitas yang memungkinkan Nia untuk dekat dengan sang idola, BISMA. BISMA KARISMA.
--------------------------------------------
Semua hal yang tidak mungkin itu harus DICOBA. Semuanya tidak akan berubah tanpa sebuah PERJUANGAN yang sulit.
Semua terlihat TIDAK MUNGKIN, tapi ketika kita terus mencobanya semua itu akan menjadi MUNGKIN.
Teruslah berusaha..
Pantang Menyerah..
Yakinlah bahwa KITA BISA karna BERUSAHA :)
Selamat mencoba..
Selamat membuktikan kepada DUNIA bahwa....
INILAH KITA DENGAN SEMANGAT KITA
-----------------------------------------
-END-
Bagaimana cerpen ini?
Jelek? PASTI. Ancur? JELAS.
Tapi meskipun begitu, mohon like dan coment-nya ya ;)
Semua sangat dibutuhkan!
Happy Birthday...
Selamat ulang tahun untuk kakakku..
Selamat ulang tahun untuk pangeranku..
Selamat ulang tahun untuk pahlawanku..
Selamat ulang tahun Kak Bi, semoga semua kebaikan terjadi buat kakak. Semoga diberi umur panjang, sehat selalu, lancar rezeki, lancar jodoh, lancar karir dan tambah ganteng :)
Selamat tambah umur kakak, tambah tua harus tambah BIJAKSANA.
Terus menjadi motivator dan inspirator kami :)
YOU KNOW I HEART YOU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar